Disinfektan dan Hand Sanitizer Langka, Buat Sendiri Yuk, Begini Caranya

KUNINGAN (MASS) – Meningkatnya permintaan disinfektan dan hand sanitizer  untuk  pencegahan covid-19 ternyata membuat stok di pasaran kosong. Kalau pun ada, harganya pun  selangit.

Hal tersebut sangat wajar, mengingat belum ada obat atau vaksin yang pasti bisa memusnahkan virus tersebut. Selain berprilaku hidup sehat dan bersih. Meski begitu, ternyata disinfektan dan hand sanitizer bisa dibuat sendiri.

Kepala UPTD Damkar Kuningan Khadafi Mufti. memberikan tips membuat disinfektan dan hand sanitizer dari bahan-bahan yang tersedia di rumah . Bahan bahan tersebut berupa air tawar dan jenis pembersih lantai dan baju.

“Membuat disinfektan sebenarnya cukup mudah, yang penting tersedia air, bayclin, wipol atau karbol, terus pembersih lantai,” ujarnya pada kuninganmass.com Jumat (27/3/2020) sore.

Semua bahan tersebut, cukup dimasukan dalam pompa penyemprot. Menurutnya, penggunaan disiinfektan baiknya dilakukan sehari 2 kali pada benda-benda yang sering disentuh seperti remote, keran, tobol siram toilet, gagang pintu, saklar lampu, meja makan dan barang lain yang sering tersentuh.

“Hand sanitizer juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Cukup tersedia aloe vera dan baby oil. Tapi memang harus ada tambahan alkoholnya juga,” imbuhnya. (eki)

 

Berikut cara membuat Disinfektan :

1.Sediakan 1 liter Air Tawar

2.Campur dengan 2 sendok Bayclin

3.Tambahkan 2 sendok wipol atau karbol wangi

4.Serta campur dengan 1 tutup botol atau 4 sendok makan pembersih lantai

5.Aduk dan masukan dalam pompa penyemprot. Disinfektan siap digunakan

 

Berikut cara membuat Hand sanitizer :

1.Sediakan 1/3 cangkir aloe vera

2.Campur dengan 1/3 alkohol

3.Lalu tambahkan 10 tetes baby oil

4.Kocok hingga semua bahan menyatu. Hand sanitizer siap digunakan