Di Tangan Joni Paralon Jadi Lampion Cantik

KUNINGAN (MASS) – Siapa sangka bahwa lampion cantik yang ada di gambar berasal dari pipa paralon. Lampu yang kerap menjadi hiasan di pojok kamar ataupun ruang tamu tersebut, dibuat oleh tangan kreatif Joni Iskandar dari pipa paralon.

Joni sendiri adalah pemuda asal Cijoho yang menggeluti kerajinan dari pipa paralon sebagai hobi. Dirinya sebenarnya memiliki pekerjaan tetap, namun karena terbiasa masuk sore, dirinya meemutuskan mengisi waktu luang di pagi hari.

“Dari pada main kan a, atau ngelakuin hal yang gak jelas, iseng-iseng aja awalnya mah, pengen berkarya,” ujarnya saat ditemui kuningabnmass.com Rabu (9/3/2020) sore.

Saat ditemui di kediamannya, Joni sendiri sedang mengerjakan sebuah projek baru. Lampu hias yang biasanya dibuat dari full paralon, sedang dicobanya dengan adukan cor untuk bagian bawah. Ia bilang, ingin mencoba hal-hal baru.

“Awalnya tuh liat postingan di facebook, bagus kan. Saya coba komen-komen disana, katanya dari paralon juga, ya udah coba beli alat-alatnya, kalo bahan mah, kadang paralon bekas kadang sengaja beli baru,” terangnya menjelaskan asal mula berkreasi beberapa bulan yang lalu tersebut.

Joni mengaku, awalnya hanya mencoba dan iseng, dirinya juga lakukan semuanya secara manual, dari mulai konsep, gambar, dan pembentukan pola.

Baru beberapa waktu belakangan ini saja, Joni sudah mulai menggunakan gambar dan pola yang di printnya dari computer.

“Awalnya saya mau kasih buat kado nikahan, nah pas itu temen-temen juga pada mau. Mereka juga pesen,” imbuhnya.

Saat ini, dirinya juga sudah berani memasang harga sesuai. Biasanya, harga yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kesulitan, serta besar kecilnya paralon yang digunakan.

“Kalo yang tingginya 25 cm, kisaran harganya Rp70 ribu-75 ribu, tambah tinggi dan tambah sulit ya harganya lain lagi,” tambahnya.

Dikatakan, kedepannya bisa menambah varian jenis kreasi lain, serta memiliki tempat mangkalnya sendiri.

Pria lajang ini menyebut, kini karyanya hanya dijual melalui akun instagram @lampuhiaskuningan1 serta di facebook pribadinya Joni Iskandar. (eki)