Ada Corona, Hamdan Memilih Bisnis Ternak Ayam Kampung

KUNINGAN (MASS) – Wabah pandemi di Indonesia bukan hanya mengancam secara kesehatan. Banyak masyarakat terutama pelaku usaha yang sangat terdampak setelah diberlakukannya pembatasan interaksi masyarakat.

Salah satu pelaku usaha yang terdampak adalah Hamdan, salah satu warga Tenjo Layar Desa Jambar Kecamatan Nusaherang. Hamdan yang kesehariannya bergantung pada penghasilan membuka kantin di salah satu lembaga pendidikan tersebut, tidak lagi bisa berjualan karena aktifitas di lingkungan pendidikannya pun, beralih daring untuk sementara.

“Biasanya dagang di kantin, kini harus libur itu rasanya jenuh, juga membuat isi dompet tipis,” ujarnya pada kuninganmass.com Jumat (3/4/2020) malam.

Dirinya menyebut, di masa sulit ketika dunia menghadapi virus, Hamdan kini mengisi waktunya dengan bisnis ternak ayam kampung di sekitar rumahnya. Bisnis tersebut dipilihnya karena dianggap bidak menyita waktu terlalu banyak.

“Karena peternakan bisa sambil santai dan tidak menyita waktu istirahat. Apalagi mau bagaimanapun, pasokan bahan pangan kan harus terus ada, peternakan inilah salah satu pilarnya,” tambahnya.

Pemuda yang aktif di kegiatan kepemudaan tersebut juga memilih ayam kampung karena memang memiliki banyak peminat. Rasa ayam nya yang kenyal dan gurih dari ayam kampung, memiliki ke-khasan tersendiri dan membuatnya berbeda dari ayam sayur.

“Alhamdulillah pasarnya bagus juga. Apalagi selain menjual ayam hidup dan daging mentah, kita juga menjual olahannya. Biasanya ayam bakakak yang banyak pesan,” imbuhnya dengan nada gembira.

Menurutnya, olahan daging dan bakakak ayam kampungnya tersebut digandrungi pelanggan karena rasanya yang khas dan memanjakan lidah. Dengan usahanya tersebut, dirinya merasa bersyukur karena bisa memberdayakan SDM yang ada, baik keluarga maupun tetangga.

“Kita akan antar langsung ke rumah pemesan. Jadi konsumen sangat dimudahkan, pokoknya tinggal santap,” ujarnya menambahkan.

Hamdan menjelaskan olahan yang sering disebut ‘bakakak ayam kampung mak uwi’ tersebut bisa dipesan melalui nomer whatsappnya 082316420554. Dirinya menjami pesanan sedap untuk konsumen akan selalu tersedia dan diantar sampai rumah. (eki)