Dua Hari yang Berkesan di Cipakem

KUNINGAN (MSS) – Meski di tengah pandemi, Organisasi Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Kuningan yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa dan PK IMM, menggelar pengabdian langsung di masyarakat.

Dengan mengusung tema ‘Mengabdi dan Mendedikasikan Diri Dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Nasional’.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama dua hari Jumat-Sabtu (27-28/11/2020) dengan protocol kesehatan.

Pengabdian sendiri, dilakukan di Desa Cipakem, Kecamatan Maleber dengan menjalankan beberapa program seperti Ormawa, mengajar, Penyuluhan Kesehatan, dan Cek Kesehatan Gratis.

Adapun sasaran dari program tersebut ialah anak anak usia dini sampai orang tua lanjut usia.

Sekretaris Desa Cipakem Armansyah S Pd menyampaikan rasa terimakasih, serta mengaku menunggu kegiatannya, terutama di edukasi bidag kesehatan.

Hal itu, disebutkannya karena masih banyak masyarakat yang kurang peduli pada kesehatan.

“Kami selaku pemerintahan desa berterimakasih, karena hadirnya STIKES Muhammadiyah Kuningan ini sangat ditunggu tunggu dalam pemberian edukasi di bidang kesehatan, karena terus terang masyarakat kami kurang peduli terhadap hal hal kesehatan,” sebutnya.

Dan juga STIKES Muhammadiyah Kuningan akan dijadikan referensi pendidikan perguruan tinggi kesehatan di desa

Selain melaksanakan penyuluhan, dilakukan juga pengecekan kesehatan gratis. Bahkan, penyuluhan door to door pun dilakukan.

Para mahasiswan, mengajarkan bagaimana pentingnya mematuhi protokol kesehatan, kebersihan diri, bagaimana menjaga pola hidup sehat, edukasi farmasi, dan juga mengajarkan bagaimana pentingnya pendidikan untuk menjembatani kesuksesan dirinya.

Ketua pelaksana, Pipo mengaku semua rasa lelah dalam kegatan telah terpatahkan oleh rasa bangga mereka yang bisa membuat lengkungan senyum dibibir anak-anak.

Serta seluruh masyarakat desa Cipakem karena telah mampu menyalurkan ilmu yang telah mereka peroleh dan mengamalkannya kepada orang lain.

“Selama pengabdian 4 hari ini, walaupun sangat singkat kami menyadari bahwasannya kehadiran kami disini belum dapat memberikan yang terbaik tapi mudah-mudahan pengabdian kami kali ini dapat memberikan sedikit perubahan dan warna untuk masyarakat desa Cipakem,” ujarnya penuh harap.
Ketua STIKES MK, Apt Wawang Anwarudin M Sc.

Ia menyebut, melalui program ini diharapkan mahasiswa dapat memberikan sumbangsihnya dalam bidang pendidikan dan pengabdian demi kemajuan dan menambah pengetahuan mengenai dunia pendidikan.

” Dengan terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan kedepannya Desa Cipakem menjadi Desa binaan b serta dapat bekerjasama kembali,” imbuhnya. (eki)