Ambil Sapu, Hj Ika Bersihkan Sampah

KUNINGAN (MASS)- Semakin kompleksnya permasalahan  termasuk di Kuningan membuat semua pihak peduli, tak terkeculi Hj Ika Acep Purnama. Istri dari Bupati Kuningan itu sadar karena sampah memberikan kontribusi terhadap pencemaran lingkungan yang akhirnya  menimbulkan bencana yang dapat merugikan kehidupan manusia.

Hal itu ditanggapi serius oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj Ika Acep Purnama maka pada Jum’at (07/09/2018) Ia mengajak seluruh anggota PKK turun ke jalan untuk melaksanakan kegiatan Jumat Bersih (jumsih). Kegiatan ini  dimulai dari depan Pendopo – Jalan Siliwangi – Taman Kota.

Istri Bupati Kuningan itu mengaku melakukan hal ini secara spontan dan tidak canggung membersihkan sampah karena di rumah pun selalu melakukan hal yang sama. Sebagai ibu rumah tangga membersihkan lingkunga sekitar menjadi hal biasa.

“Awalnya saya sering melihat sampah menumpuk di hampir setiap tempat, yang terkesan dibiarkan. Dari situ saya mengajak seluruh anggota PKK untuk turun ke jalan, akhirnya mendapat respon yang positif,” jelas Ika.

Ia mengajak kepada seluruh perusahaan, pemilik toko dan seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan untuk setiap hari Jumat menggalakan operasi Jumat Bersih (Jumsih) di halaman depan masing-masing tempat usaha mereka. Namun bukan berarti  hanya sadar terhadap sampah hari Jumat saja, akan tetapi harus setiap hariharus peduli terhadap persoalan sampah.

Dengan rajin membesihkan sampah maka  bagian upaya dari mendukung kebersihan di Kabupaten Kuningan. Selain itu ketika tempat usaha terlihat bersih dan terbebas dari sampah, tentu akan menjadikan kenyamanan bagi para pengunjung atau para calon pembelinya.

Dengan jiwa merakyat yang tertanam di dalam dirinya, Ika tak canggung menyapa satu-persatu masyarakat sekitar dan mengajak untuk bergabung melakukan kegiatan membersihkan sampah. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya ikut bergabung.

Kedepan Ia berinisiatif akan mengajak setiap organisasi wanita untuk turun ke jalan melaksanakan operasi Jum’at Bersih (Jumsih). Pasalnya, sampah menjadi tanggungjawab semua pihak bukan hanya pemerintah.

Aksi Istri Bupati ini mendapat pujian dari masyarakat yang kebetulan melintas. Seperti pernyataan Abah Ewo (60). Ia memuji kegiatan yang dilakukan Ika Acep Purnama, yang mau turun langsung menyapu jalanan, tanpa memperdulikan kotor dan panas.

“Harusnya kita malu, seorang Istri Bupati saja mau dengan ikhlas menyapu jalanan untuk mewujudkan kebersihan kabupaten kuningan. Memang di kita sudah ada pasukan kuning, tapi itu tidak menjadikan alasan untuk semua masyarakat bisa peduli dan berpartisipasi guna kebersihan di kota kuningan tercinta ini,”paparnya.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com